PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL MEMILIH OBAT BEBAS MENGGUNAKAN METODE CBIA (CARA BELAJAR INSAN AKTIF)


Abstrak: Cara Belajar Insan Aktif merupakan metode pendidikan masyarakat yang berorientasi pada peran aktif peserta didik dalam mencari informasi dan menumbuhkan sikap kritis serta mengubah perilaku. Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan pengetahuan ibu hamil dalam memilih obat bebas dengan metode CBIA.
Penelitian dilakukan di Puskesmas Perumnas Kota Kendari periode Mei sampai Juli 2016. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain pra-experimental one-group pretest-posttest. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden. Uji awal pretest dilakukan dengan membagikan kuesioner, selanjutnya pemberian penyuluhan oleh fasilitator, dan diuji kembali dengan posttest menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Mc Nemar.
Hasil penelitian menunjukkan pada pretest, responden yang memiliki pengetahuan kategori baik  berjumlah 6 orang (20%) dan kurang berjumlah 24 orang (80%). Pada posttest terjadi peningkatan pengetahuan yaitu responden yang memiliki pengetahuan kategori baik berjumlah 20 orang (66,67%) dan kurang berjumlah 10 orang (33,33%). Hasil uji Mc Nemar diperoleh nilai p= 0,0001 (<0,005) menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna pemberian metode CBIA terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil dalam memilih obat bebas di Puskesmas Perumnas Kota Kendari.
Kata Kunci: Metode CBIA, Pengetahuan, Ibu Hamil, Obat Bebas
Penulis: Musdalipah, Moldefya Wahid Ado, Mulyadi Prasetyo
Kode Jurnal: jpfarmasidd160559

Artikel Terkait :