PENGUJIAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI DAN IDENTIFIKASI SECARA MOLEKULER MENGGUNAKAN GEN 16S RRNA BAKTERI SIMBION ENDOFIT YANG DIISOLASI DARI ALGA MERAH (Galaxaura rugosa)


ABSTRAK: Bakteri endofit didefinisikan sebagai bakteri yang menjajah jaringan tanaman yang sehat tanpa menimbulkan luka yang nyata pada inang. Beberapa studi menunjukkan bahwa bakteri endofit tertentu dapat memproduksi senyawa kimia yang memiliki efek bagi kesehatan, terutama senyawa penghasil antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bakteri endofit dari alga merah Galaxaura rugosa, menguji aktivitas antibakteri dari isolat bakteri endofit tersebut terhadap bakteri patogen Escherichia coli dan Staphylococcus aureus serta mengetahui spesies bakteri endofit yang memiliki aktivitas antibakteri terbesar berdasarkan analisis secara molekuler dengan menggunakan gen penyandi 16S rRNA. Isolasi bakteri dilakukan dengan metode pengenceran. Tiga (3) isolat diinokulasi berdasarkan perbedaan morfologi. Pengujian aktivitas antibakteri diuji dengan metode difusi agar. Isolat bakteri endofit yang memiliki daya antibakteri terbesar yaitu isolat K2 yang dikategorikan sedang terhadap Staphylococcus aureus dan kuat terhadap Escherichia coli. Hasil identifikasi molekuler menunjukkan bahwa isolat K2 memiliki kesamaan 99% dengan Bacillus thuringiensis, Bacillus anthracis, Bacillus cereus, dan Bacillus mycoides. Setelah dilakukan multiple sequence alignment dan phylogenetic analysis, isolat K2 dapat diidentifikasi sebagai Bacillus mycoides.
Kata kunci: Bakteri endofit, Galaxaura rugosa, Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Aktivitas antibakteri, Gen 16S rRNA
Penulis: Muhammad Z. Hamzah
Kode Jurnal: jpfarmasidd180279

Artikel Terkait :