PENGARUH TALENT MANAGEMENT DENGAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA PT BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA SURABAYA


Abstract: Talent management merupakan salah satu inisiatif perusahaan untuk melakukan pemberdayaan SDM. Sehingga karyawan memiliki persepsi positif mengenai perusahaan (perceived organizational support) yang mampu berpengaruh pada keterlibatan karyawan (employee engagement). Tujuan penelitian dilakukan adalah untuk menguji pengaruh talent management terhadap employee engagement yang dimediasi oleh perceived organizational support. Sampel dalam penelitian ini karyawan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia berjumlah 109 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS 24.
Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa talent management berpengaruh signifikan positif terhadap perceived organizational support. Hasil lain mengatakan apabila talent management tidak berpengaruh signifikan terhadap employee engagement. Perceived organizational support tidak berpengaruh signifikan terhadap employee engagement. Dan perceived organizational support tidak berhasil memediasi hubungan antara talent management dan employee engagement.
Kata Kunci: talent management, perceived organizational support, employee engagement
Penulis: MIA PRAMESWARA NUR KARTIKASARI
Kode Jurnal: jpmanajemendd180534

Artikel Terkait :