PENGARUH PERBANDINGAN KONSENTRASI VASELIN ALBUM (VASELIN PUTIH) PADA SIFAT FISIK SALEP EKSTRAK MASERASI DAUN PARE (Momordica folium)


Abstract: Pare (Momordica charantia L) merupakan tanaman tropis dan sub tropis. Tumbuh baik didaratan rendah dan dapat ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, tegalan atau dibudidayakan dan ditanam dipekarangan dengan dirambatkan dipagar untuk diambil buahnya. Selain dijadikan sebagai sayuran, pare juga digunakan sebagai obat. Daun pare dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, bisul, eksim. Salep adalah sediaan setengah padat yang mudah dioleskan dan digunakan sebagai obat luar. Komponen-komponen salep meliputi zat aktif, basis salep dan zat tambahan.
Pada penelitian ini pengambilan ekstrak dilakukan dengan metode maserasi. Ekstrak maserasi daun pare didapat warna hijau tua dengan berat ekstrak 44,02 gram dengan rendemen 44,28%. Pada pembuatan salep dilakukan dengan metode peleburan dan untuk uji fisik dilakukan uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji daya menyebar, uji daya lekat, uji daya proteksi.
Hasil analisa One way anova diperoleh F hitung > F table, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, menunjukan bahwa ada pengaruh perbandingan kosentrasi vaselin album terhadap sifat fisik salep ekstrak maserasi daun pare. Hasil evaluasi menunjukan bahwa kosentrasi vaselin album 30% memiliki pengaruh terhadap sifat fisik salep ekstrak daun pare.
Kata kunci: Daun Pare, Ekstrak, Maserasi, Vaselin album, Uji sifat fisik salep
Penulis: Diah Rokhmatunisa
Kode Jurnal: jpfarmasidd130379

Artikel Terkait :