PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF, KOMITMEN NORMATIF, KOMITMEN KONTINUAN SERTA LOYALITAS NASABAH DEBITUR PADA PT. BANK KALBAR DI KALIMANTAN BARAT


ABSTRACT: Perusahaan perbankan saat ini harus berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan pengalaman pelanggan terhadap kualitas layanan, dikarenakan memiliki dampak terhadap hasil hubungan pelanggan (Customer Relationship). Salah satu kunci sukses dalam industri perbankan adalah dibutuhkannya interaksi personal dalam bentuk implementasi strategi relationship marketing (pemasaran relasi), hal ini dikarenakan sifat layanan yang tidak berwujud dan tidak bisa dipisahkan dari penyedia layanan dengan demikian lembaga perbankan harus peduli dengan pengembangan dan pengelolaan hubungan dengan pelanggan.
Tujuan studi ini mengkaji pengaruh kualitas layanan terhadap komitmen afektif, komitmen normatif, komitmen kontinuan serta loyalitas nasabah debitur pada PT. Bank Kalbar di Kalimantan Barat. Hal ini di karenakan, kualitas layanan selain memiliki efek pada komitmen hubungan, kualitas layanan yang disampaikan dapat menjadi motivasi dalam diri nasabah debitur untuk melanjutkan hubungan dengan perusahaan perbankan. Komitmen pelanggan dipandang sebagai faktor kunci dalam retensi pelanggan dan loyalitas, sedangkan kualitas layanan umumnya dipandang sebagai struktur utama yang mendorong loyalitas pelanggan. Dalam studi ini, ukuran kualitas layanan diantaranya, adalah; kualitas interaksi (interaction quality), kualitas lingkungan (environment quality) dan kualitas hasil akhir (outcome quality). Adapun komitmen pelanggan, dalam hal ini dibedakan menjadi tiga yaitu, komitmen afektif, komitmen normatif dan komitmen kontinuan.
Sampel dalam studi ini adalah 126 nasabah debitur PT. Bank Kalbar di Kalimantan Barat yang menggunakan kredit untuk kegiatan usaha dan minimal satu kali transaksi peminjaman, dengan menggunakan teknik cluster sampling untuk menentukan kantor cabang dikarenakan lokasi PT. Bank Kalbar menyebar secara geografis serta proporsional sampel dalam menetapkan jumlah responden pada masing-masing cabang. Teknik analisi data dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil study mengatakan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap komitmen afektif, komitmen normatif, dan komitmen kontinuan, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas, serta komitmen afektif, komitmen normatif dan komitmen kontinuan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah debitur PT. Bank Kalbar di Kalimantan Barat.
Key word: kualitas layanan, komitmen afektif, komitmen normatif, komitmen kontinuan, loyalitas nasabah debitur
Penulis: Nur Afifah
Kode Jurnal: jpmanajemendd120716

Artikel Terkait :