Pengaruh Ketidakpuasan terhadap Keputusan Perpindahan Merek dengan Kebutuhan Mencari Variasi sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Pengguna Smartphone yang Pernah Melakukan Perpindahan Merek di Surabaya)


Abstrak: Penurunan penjualan terjadi pada beberapa vendor terkenal seperti pada smartphone merek Samsung, Apple, Xiaomi, Oppo dan Blackberry, disebabkan dari masalah eksternal dan internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh ketidakpuasan terhadap keputusan perpindahan merek dengan kebutuhan mencari variasi sebagai variabel moderasi pada produk smartphone.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik Nonprobabilitas sampling dan teknik sampling incidental dengan menggunakan metode analisis regresi moderasi (MRA). Penelitian ini menggunakan sampel 220 responden, mereka adalah pengguna smartphone yang pernah melakukan perpindahan merek di surabaya yang berusia 17-50 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perpindahan merek produk smartphone, sedangkan kebutuhan mencari variasi tidak dapat memoderasi pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan perpindahan merek produk smartphone.
Penulis: YUYUN INDARWATI
Kode Jurnal: jpmanajemendd171083

Artikel Terkait :