Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Nilai terhadap Niat Beli Sepeda Motor Merek Honda Type PCX 150 (Studi pada Pengunjung Cafe di Tunjungan Plaza Surabaya)


Abstract: Terjadi peningkatan permintaan pasar kendaraan bermotor di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak produsen masuk ke dalam pasar, sehingga persaingan di pasar semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk menyiapkan strategi dalam memasarkan produknya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membahas pengaruh citra merek dan persepsi nilai secara parsial terhadap niat pembelian sepeda motor merek Honda Type PCX 150.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan sampling judgemental. Sampel yang diambil sebanyak 110 orang. Responden dalam penelitian ini adalah kawula muda yang memiliki daya beli, masyarakat kelas atas, serta masyarakat yang ingin tampil beda dan belum memiliki Honda PCX 150 dengan usia minimal 25 tahun. Skala pengukuran dalam penelitian ini menggunakan skala Numeris (Numerical Scale). Alat ukur yang digunakan adalah angket. Analisis data dengan menggunakan model persamaan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli dan persepsi nilai berpengaruh positif terhadap niat beli. Citra Merek memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan pengaruh persepsi nilai.
Keywords: Brand image, perceived value, and purchase intentions
Penulis: RACHMAD DODI TRIAWAN
Kode Jurnal: jpmanajemendd171077

Artikel Terkait :