Identifikasi Drug Related Problems (DRP’s) Kategori Ketidaktepatan Pemilihan Obat, Ketidaktepatan Dosis Dan Interaksi Obat Pada Pasien Hipertensi Geriatri Di Instalasi Rawat Jalan RSUD RAA Soewondo Pati Periode Juli-Desember 2015


Abstrak: Drug Related Problems (DRP’s) merupakan suatu kejadian tidak diharapkan berupa pengalaman pasien yang melibatkan atau diduga berkaitan dengan terapi obat yang mempengaruhi outcome terapi pasien. Salahsatu golongan pasien yang sering mengalami kejadian DRP’s yaitu hipertensigeriatri. Pasien geriatri mempunyai resiko yang lebih tinggi atas terjadinyainteraksi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kejadian DRP’sketidaktepatan pemilihan obat, ketidaktepatan dosis dan interaksi obat pada pasienhipertensi geriatri di Instalasi Rawat Jalan RSUD RAA Soewondo Pati periode Juli-Desember 2015.
Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dimana pengambilan data dilakukan secara retrospektif. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengambil data sebesar 97 sampel yang diambil secara propotional sampling di rekam medik RSUD RAA Soewondo Pati. Analisis data menggunakan program Statistic Package for the Social Science (SPSS). Analisisunivariate dengan distribusi frekuensi.
Hasil: Pemilihan obat antihipertensi yang digunakan untuk mengobati hipertensi pada geriatri sudah tepat (75,3%), kombinasi obat antihipertensi sudah tepat (92,8%), obat aman (87,6%), obat efektif (82,5%), tidak kontraindikasi (97,9%). Ketidaktepatan dosis terjadi pada 9 pasien (9,3%), diantaranya adalah pasien yangmendapatkan peresepan obat overdose sebanyak 8 pasien (8,2%) dan underdose sebanyak 1 pasien (1,0%). Kejadian interaksi obat antihipertensi berdasarkan mekanisme yang paling banyak terjadi adalah interaksi farmakokinetik sebanyak 70,59% (24 kasus) yang diikuti dengan interaksi farmakodinamik sebanyak 20,59% dan interaksi yang tidak diketahui mekanisme sebanyak 8,82%.
Simpulan: Berdasarkan pedoman yang diacu yaitu The Eighth Joint National Committee (JNC 8) dan Drug Information Handbook pemilihan obatantihipertensi yang digunakan untuk mengobati hipertensi pada geriatri sudah tepat (75,3%), penggunaan obat dengan dosis tepat sebesar (90,7%) dan kejadian DRP’s kategori interaksi obat pada terapi hipertensi geriatri rawat jalan relatifmasih cukup tinggi yaitu 27,84%.
Kata kunci: antihipertensi, geriatri, interaksi, dosis, pemilihan
Kode Jurnal: jpfarmasidd160515

Artikel Terkait :