GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI DEPO BPJS RSUD ULIN BANJARMASIN


Abstrak: Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Salah satu sarana pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Rumah sakit dituntut memberikan pelayanan yang berkualitas guna terciptanya suatu kepuasan. Kepuasan erat kaitannya dengan pelayanan yang diharapkan dan kenyataan pelayanan yang telah diberikan. Oleh karena itu perlu adanya pengukuran kepuasan pasien untuk melihat sejauh mana pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan pasien.
Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dilakukan pada bulan juli 2017, dengan memberikan lembar kuisioner kepada pasien yang berkunjung dan pernah mendapatkan pelayanan kefarmasian di depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin pada periode.
Hasil penelitian pada 223 responden yang menerima pelayanan kefarmasian di depo BPJS RSUD Ulin Banjarmasin didapat tingkat kepuasan pada 5 dimensi terbanyak adalah kategori puas berjumlah 190 orang (85,20%), tingkat kepuasan terbanyak berikutnya adalah kategori sangat puas berjumlah 20 orang (8,97%), dan tingkat kepuasan paling sedikit adalah kategori tidak puas berjumlah  13 orang (5,83%). Hasil penelitian menunjukan dimensi dengan skor kepuasan tertinggi adalah aspek Tangibles yaitu 930 (69,50%). Hasil tingkat kepuasan semua dimensi berada pada kategori puas.
Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Depo BPJS, RSUD Ulin
Penulis: Noverda Ayuchecaria, Luluk Purwatini, Gusti Ayu Damayanti
Kode Jurnal: jpfarmasidd180113

Artikel Terkait :