FACTORS INFLUENCING THE UNDERPRICING OF STOCK PRICES IN INDONESIAN STOCK EXCHANGE


ABSTRAK: Penawaran umum perdana merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan saham. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana pada umumnyadiminati investor karena memberikan initial return yang tinggi. Return ini mengindikasikanterjadinya underpricing di pasar perdana. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relatif terlalu murah dibandingkan harga di pasar sekunder. Tujuanpenelitian ini adalah untuk menguji pengaruh reputasi underwriter, reputasi auditor dan Return On Asset (ROA) terhadap underpricing.
Penelitian ini menggunakan sampel 112 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu 2011 - 2015. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, yaitu menguji proksi reputasi underwriter, reputasi auditor dan Return On Asset (ROA) terhadap underpricing.
Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa reputasi underwriter berpengaruh terhadapunderpricing. Sedangkan reputasi underwriter dan Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh terhadap underpricing.
Kata kunci: Penawaran Umum Perdana dan Underpricing
Penulis: Teti Anggita Safitri
Kode Jurnal: jpmanajemendd170257

Artikel Terkait :