EVALUASI PHARMACY SUPPORT SYSTEM DALAM IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS PADA PASIEN PEDIATRIK RAWAT JALAN


Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai diagnostik software Pharmacy Support System (sensitivitas, spesifisitas, nilai duga positif dan nilai duga negatif) dalam mengidentifikasi DRPs, prevalensi dan jenis DRPs potensial yang diidentifikasi oleh apoteker dengan bantuan PSS pada pasien pediatrik rawat jalan.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain crosssectional di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RSUD Kabupaten Sleman. Data yang diambil secara retrospektif pada bulan Oktober-Desember 2014 sebanyak 198 pasien yang digunakan sebagai rujukan untuk uji diagnostik. Kriteria inklusi yaitu pasien pediatrik rawat jalan usia 0-18 tahun yang mendapatkan terapi. Data dianalisa menggunakan crosstabs (tabel IIx2) untuk mendapatkan nilai diagnostik.
Hasil penelitian menunjukkan DRPs potensial yang diidentifikasi oleh apoteker dengan PSS terjadi pada 125 (63,13%) pasien pediatrik rawat jalan dengan angka kejadian sebesar 232 kejadian DRPs. PSS memiliki sensitivitas 96,5%; spesifisitas 62,5%; nilai duga positif 66,4%; dan nilai duga negatif 95,8%.
Kata kunci: DRPs, pediatrik, pharmacy support system, uji diagnostic
Penulis: Irnayanti Irnayanti
Kode Jurnal: jpfarmasidd160790

Artikel Terkait :