EFEKTIVITAS FORMULASI GEL EKSTRAK DAUN KETAPANG (Terminalia catappa L.) 0,03% SEBAGAI ANTISEPTIK TANGAN TERHADAP BAKTERI Escherichia coli DAN Staphylococcus aureus


Abstrak: Daun ketapang (Terminalia catappa L.) mengandung senyawa tanin dan flavonoid yang dilaporkan memberikan efek antibakteri dan antiseptik. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui daya antibakteri dan antiseptik gel ekstrak daun ketapang (Terminalia catappa L.) 0,03% terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus dengan metode difusi dan swabbing.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan pre dan post test control design menggunakan 5 kelompok perlakuan. Kelompok I alkohol 60% (kontrol positif), kelompok II, III, IV gel ekstrak daun ketapang 0,03% dengan basis karbopol 0,5%, 1%, 1,5%, dan kelompok V gel tanpa bahan aktif (kontrol negatif). Pengukuran daya hambat menggunakan metode difusi dan pengujian efektivitas gel antiseptik menggunakan metode swabbing dengan pengukuran persentase penurunan jumlah koloni. Jumlah koloni swabbing tangan kanan (pre test), dan jumlah koloni swabbing tangan kiri (post test). Data dianalisa menggunakan SPSS 19,0 for windows dengan uji ANAVA satu arah taraf kepercayaan 95% dan dilanjutkan dengan uji LSD.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi gel ekstrak daun ketapang (Terminalia catappa L.) 0,03% mempunyai efek antibakteri dan antiseptik. Persentase penurunan jumlah koloni gel ekstrak daun ketapang dengan konsentrasi karbopol 0,5%, 1%, 1,5%, berturut-turut sebesar 49,778,77; 28,582,10; 20,895,99; kontrol negatif sebesar 14,433,66 dan kontrol positif 72,764,63.
Kata kunci: Gel antiseptik, daun ketapang (Terminalia catappa L.), Escherichia coli, Staphylococcus aureus
Penulis: Budi Raharjo, Agitya Resti Erwiyani, Ahmad Muhziddin
Kode Jurnal: jpfarmasidd140496

Artikel Terkait :