ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERBANKAN MELAKUKAN PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Studi Empiris Pada Perbankkanyang Terdaftar di BEI Tahun 2011 – 2015)


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor penentu yang berpengaruh dalam pergantian auditor (KAP) oleh perusahaan Perbankan di Indonesia serta Untuk memperoleh bukti empiris  mengenai pergantian manajemen,opini audit,kesulitan keuangan, reputasi KAP, ukuran KAP, ukuran klien ,dan fee audit di perusahaan Perbankan di Indonesia. Di Indonesia Pergantian auditor terdiri dari 2 jenis yaitu pergantian wajib dan pergantian sukarela, dimana dari pergantian auditor selain menjadi pertimbangan internal manajemen perusahaan juga telah disyaratkan oleh badan pengelola pasar modal karena pertimbangan independensi Auditor. Penelitian ini mengunakan 18 sampel perusahan – perusahan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2011 - 2015. Data dianalisis dengan mengunakan Regresi Logistik. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa faktor – faktor opini audit, fee audit, reputasi auditor (KAP), perubahan ROA, kesulitan keuangan,ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan sedangkan ukuran klien mempunyai pengaruh signifikan terhadap pergantian auditor.
Kata – kata Kunci: pergantian auditor,pergantian manajemen, opini audit, kesulitan keuangan, reputasi auditor (KAP), fee audit, ukuran klien., perubahan ROA
Penulis: Lina Budi Hartati, Sodikin Manaf
Kode Jurnal: jpmanajemendd170267

Artikel Terkait :