Uji Daya Anthelmintik Minyak Atsiri Rimpang Lempuyang Wangi(Zingiber aromaticum Vall.) pada Cacing Gelang Ayam (Ascaridia galli Schrank) secara In Vitro


Abstrak: Lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Vall.) diduga mempunyai daya anthelmintik maka perlu dilakukan penelitian untuk membuktikan daya anthelmintik minyak atsiri rimpanglempuyang wangi dan mengetahui kadar yang dapat menimbulkan daya anthelmintik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain post test only control group. Sampelnya adalah 300 cacing Ascaridia galli, yang dibagi menjadi 6 kelompok. Kelompok I (kontrol positif) adalah larutan piperazine sitrat 0,4 % b/v. Kelompok II (kontrol negatif) adalahlarutan NaCl 0,9% b/v. Kelompok III, IV, V dan VI masing-masing diberi perlakuan dengan minyak atsiri rimpang lempuyang wangi dengan konsentrasi 0,5% v/v, 0,75% v/v, 1% v/v dan 1,25% v/v. Masing-masing kelompok terdiri 5 kali replikasi. Kemudian diamati dan dicatat jumlah cacing yang mati dan atau paralisis.
Data dianalisis dengan uji statistik One-Way Anova dengan taraf kepercayaan 95% dan dilanjutkan Uji Tuckey Test menunjukkan bahwa kelompok perlakuan dengan konsentrasi 0,75%,1% dan 1,25% tidak berbeda bermakna (p>0,05) terhadap kelompok kontrol positif.
Kata kunci: Anthelmintik, Zingiber aromaticum, Ascaridia galli Schrank
Penulis: Suhardjono, Dian Oktianti, Arief Prasetyo Ardi
Kode Jurnal: jpfarmasidd120268

Artikel Terkait :