Senam Hamil dan Ketidaknyamanan Ibu Hamil Trimester Ketiga


ABSTRAK: Kehamilan merupakan suatu transisi antara kehidupan sebelum dan sesudah kelahiran anak. Perubahan ini dipertimbangkan sebagai periode menjalani proses persiapan baik secara fisik maupun secara psikologi. Keluhan yang diakibatkan oleh pembesaran perut, perubahan anatomis dan perubahan hormonal akan menyebabkan munculnya keluhan-keluhan pada ibu hamil seperti nyeri pinggang, nyeri punggung, bengkak dan kram pada kaki. Ketidaknyaman tersebut menyebabkan gangguan tidur dan berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya.Upaya untuk mengatasi hal tersebut antara lain dengan olahraga dan latihan relaksasi yang sesuai untuk ibu hamil yaitu senam hamil.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam hamil terhadap ketidaknyamanan ibu hamil trimester ketiga di Puskesmas Wilayah Bogor Barat Kota Bogor.
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen one group pre-test post-test. Pengambilan sampel dilakukan secara Multistage Sampling yang dilakukan terhadap 12 responden. Penelitian ini dilakukan di wilayah Puskesmas Gang Kelor. Variabel diukur menggunakan instrumen pre-test post test sebelum dan setelah diberikan perlakukan senam hamil. Uji statistik menggunakan uji one sample t test dan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh senam hamil terhadap ketidaknyamanan nyeri pinggang (p=;0,003) , nyeri punggung (p=0,003), bengkak pada kaki (0,025) dan kram pada kaki (0,003). Saran yang disampaikan perlu adanya program senam hamil yang rutin dilakukan oleh ibu hamil dalam rangka menjaga kehamilan dan mempersiapkan proses persalinan.
Kata kunci: senam hamil , ketidaknyamanan kehamilan , trimester ketiga
Penulis: Pudji Suryani, Ina Handayani
Kode Jurnal: jpkebidanandd180005

Artikel Terkait :