PENGARUH TINGKAT KELELAHAN AKIBAT AKTIVITAS FISIK MALAM DENGAN KEJADIAN INSOMNIA PADA OLAHRAGAWAN FUTSAL MAHASISWA UIN ALAUDDIN MAKASSAR TAHUN 2016


ABSTRACT: Olahraga pada malam hari dapat menyebabkan kondisi insomnia, dari 24 orang pemain futsal HMJ Keperawatan UIN Alauddin Makassar mengeluh adanya gangguan pola tidur setelah melakukan latihan futsal di malam hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh antara tingkat kelelahan akibat aktivitas fisik malam dengan kejadian insomnia pada olahragawan futsal?”. Metode penelitian yang digunakan adalah design One- Shoot Case Study (Studi kasus satu tembakan) dimana dalam desain penelitian ini terdapat suatu kelompok diberi treatment (perlakuan) dan selanjutnya di observasi hasilnya, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (kelelahan akibat aktivitas fisik) terhadap variabel dependen (insomnia). Populasi dalam penelitian ini adalah Club Futsal HMJ Keperawatan UIN Alauddin Makassar yang beranggotakan 24 orang dan Sampel sejumlah anggota yang dipilih atau diambil dari suatu populasi.
Analisis hasil penelitian menggunakan Uji statistik mann- whithney. Hasil penelitian menunjukkan tingkat signifikansi yang diperoleh nilai p<0,05(p=0,003), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh bermakna terhadap tingkat kelelahan akibat aktivitas fisik malam dengan kejadian insomnia pada olahragawan futsal.
KEYWORDS: Tingkat Kelelahan dan Insomnia
Penulis: Muh Anwar Hafid
Kode Jurnal: jpkesmasdd170393

Artikel Terkait :