PENGARUH SENAM NIFAS TERHADAP INVOLUSIO UTERI HARI KETIGA PADA IBU POSTPARTUM DI BIDAN PRAKTEK MANDIRI BENIS JAYANTO NGENTAK, KUJON, CEPER, KLATEN


Abstract: Hasil (Edmond & Barbara, 2006) menunjukkan pada 11.000 ibu nifas yang melakukan senam nifas didapatkan 7600 ibu mengalami involusiouterus yang cepat sedangkan hampir 3500 ibu mengalami sub involusiouterus karena ibu tidak pernah melakukan senam nifas. Salah satu faktor yang mempengaruhi involusio uteriyaitu senam nifas. Senam nifas adalah senam yang dilakukan sejak hari pertama melahirkan setiap hari sampai hari yang kesepuluh, terdiri dari sederatan gerakan tubuh yang dilakukan untuk mempercepat pemulihan keadaan ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam nifas terhadap involusio uteri hari ketiga pada ibu postpartum di Bidan Praktek Mandiri Benis Jayanto Ngentak, Kujon, Ceper, Klaten.
Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen jenis rancangan Non Equivalent Control Group dengan pendekatan waktu case control. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, subyek pada penelitian ini adalah ibu postpartum. Analisis data statistik menggunakan chi-square. Pengumpulan data dilakukan dengan data primer yaitu memberi perlakuan senam nifas untuk kelompok kintervensi kemudian pada hari ketiga melakukan pengukuran involusio uteri pada kelompok intervensi maupun kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa responden yang mengalami involusio uteri normal pada kelompok intervensi sebanyak 12 responden (80%) dan kelompok kontrol sebanyak 4 responden (24,7%). Sedangkan responden yang mengalami involusio uteri abnormal pada kelompok intervensi sebanyak 3 responden (30%) dan pada kelompok kontrol sebanyak 11 responden (73,3%). Hasil uji statistik menunjukkan p = 0,003 (p < 0,05), berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara senam nifas terhadap involsuio uteri hari ketiga pada ibu postpartum.
Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruhnya antara senam nifas dengan involusio uteri pada ibu postpartum di Bidan Praktek Mandiri Benis Jayanto Ngentak, Kujon, Ceper, Klaten. Saran untuk ibu postpartum agar segera mempraktikan senam nifas untuk mempercepat involusio uteri.
Kata Kunci: Senam nifas, Involusio uteri, postpartum
Penulis: Anna Uswatun Qoyyimah, Endang Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkebidanandd170287

Artikel Terkait :