Pengaruh Senam Aerobik Low Impac Terhadap Pengurangan Keluhan Ibu Premenopause di Wilayah Puskesmas Merdeka Bogor Tahun 2016


ABSTRAK: Sindrom menopause berdampak pada penurunan kualitas hidup pada masa menopause.Sangat diperlukan persiapan menjelang menopause berupa dukungan sosial, kepercayaan diri dan sikap positif terhadap keluhan yang dialami sehingga wanita dapat menerima menopause sebagai karunia karena bersifat normal. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh senam aerobik terhadap pengurangan keluhan pra menopause, berdasarkan frekuensi, intensitas, tipe, time (FITT).
Penelitian dilakukan di wilayah Puskesmas Merdeka, karena sudah melaksanakan program senam sehat bagi lansia yang pesertanya tergabung pula ibu-ibu menjelang menopause. Desain penelitian adalah pre-experimental design, yaitu one group pretest post-test dilakukan pada 23 responden. Kegiatan senam dilakukan dua kali dalam satu minggu selama enam minggu.Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan uji statistik non parametric menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis nilai signifikansi 0,00 (p < 0,05) untuk keluhan vasomotorik, psikis dan 0,03 (p < 0,05) untuk keluhan somatik. Disimpulkan terdapat pengaruh yang bermakna sebelum senam dan sesudah mengikuti senam aerobik.Perlu kiranya program senam aerobic low impact dilaksanakan secara rutin bagi iibu-ibu pre menopause dalam upaya mencegah dan mengurangi keluhan pre menopause.
Kata kunci: aerobik low impact, premenopause, FITT premenopause
Penulis: Ni Nyoman Sasnitiari, Sri Mulyati
Kode Jurnal: jpkebidanandd180010

Artikel Terkait :