PENGARUH KONSUMSI PISANG TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DI DESA SINAR BANTEN KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2017


Abstrak: Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi ketika darah mengalir melalui pembuluh darah dengan kekuatan yang lebih besar dari biasanya. Penanganan yang dapat dilakukan selain terapi farmakologis adalah dengan mempergunakan terapi non farmakologi atau terapi komplementer. Salah satu tindakan pencegahan untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan cara mengkonsumsi buah pisang. Tujuan penelitian adalah diketahui Pengaruh konsumsi pisang terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di Desa Sinar Banten Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus tahun 2017.
Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Talang Padang Kabupaten Tanggamus tahun 2017 sebanyak 769 orang pada bulan Februari 2017. Sampel 15 orang, Teknik sampling yang digunakan purposive sampling Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan analisa data yang digunakan adalah uji T-dependent.
Hasil penelitian didapatkan bahwa Rata-rata tekanan darah sebelum pemberian pisang adalah 158, dengan SD 16.7. Rata-rata tekanan darah sesudah pemberian pisang adalah 127, dengan SD 82. Ada pengaruh konsumsi pisang terhadap penurunan tekanan darah pada lansia di Desa Sinar Banten Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus tahun 2017 (p value 0,000). Saran Bagi lansia dan masyarakat, bagi masyarakat maupun keluarga dapat menerapkan pengobatan herbal yang tepat untuk mengobati gejala hipertensi salah satunya mengkonsumsi pisang ambon agar menurunkan kadar tekanan darah tinggi, jadi bisa mengurangi penggunaan obat-obatan farmakologi yang ada efek sampingnya.
Kata Kunci: Pisang Ambon, Hipertensi, Lansia
Penulis: Neneng Siti Latifah, Ismiyeni
Kode Jurnal: jpkebidanandd170479

Artikel Terkait :