PENGARUH KOMBINASI PIJAT BAYI DENGAN MUSIK KLASIK MOZART TERHADAP BERAT BADAN DAN KUALITAS TIDUR BAYI USIA 3-6 BULAN


ABSTRACT: Di Puskesmas Gubug II terdapat 43 dari 430 (10 %) bayi dalam kategori bawah garis merah dan 5 dari 19 (0,7 %) bayi mengalami gangguan tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi pijat bayi dengan musik klasik mozart terhadap berat badan dan kualitas tidur bayi.
Desain penelitian menggunakan quasy eksperimen dengan pre post control group design. Jumlah responden sebanyak 38 bayi dengan 19 bayi kelompok perlakuan dan 19 bayi kelompok kontrol.
Berat badan diukur dengan timbangan bayi digital dan kualitas tidur menggunakan kuesioner Brief Infant Screening Questionnaire (BISQ). Penelitian dilakukan 2x dalam 4 minggu setiap sore hari.Hasil penetilian ini didapatkan bahwa terdapat peningkatan yang lebih baik berkaitan dengan berat badan yaitu sebesar 694,58 gram dan peningkatan kualitas tidur sebesar 4 poin pada kelompok eksperimen setelah dilakukan intervensi.
Terdapat pengaruh antara kombinasi pijat bayi dengan musik klasik mozart terhadap berat badan dengan p value 0,001 < 0,05 dan kualitas tidur dengan p value 0,001 < 0,05 pada bayi usia 3-6 bulan.
Di harapkan orang tua dapat memilih kombinasi pijat bayi dengan musik klasik mozart sebagai alternatif untuk meningkatkan berat badan dan kualitas tidur bayi. Untuk Institusi diharapkan lebih mengembangkan kombinasi pijat bayi dan untuk peneliti selanjutnya agar bisa mengembangkan metode penelitian yang lain.
Kata kunci: berat badan,kualitas tidur, musik klasik Mozart, pijat bayi
Penulis: Sendi Maharani, Farida Sukowati, Elisa Ulfiana
Kode Jurnal: jpkebidanandd170521

Artikel Terkait :