PENGARUH KARKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK (STUDI PADA KONSUMEN JAMU TOLAK ANGIN SIDOMUNCUL DI KOTA YOGYAKARTA)


ABSTRAK: Kepercayaan terhadap merek suatu produk farmasi mempunyai peran strategis dalam kaitannya dengan loyalitas konsumen terhadap suatu merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas merek pada konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan instrument berupa kuesioner yang diisi oleh responden yang berjumlah 175 responden. Desain pengambilan sampel cara nonprobabilitas. Analisis data dilakukan uji hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda.
Dari hasil uji hipotesis secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi merek, kepercayaan terhadap perusahaan, dan reputasi perusahaan terbukti berpengaruh positif pada kepercayaan merek, kepercayaan merek terbukti berpengaruh positif pada loyalitas merek. Dimensi brand characteristic dan company characteristic terbukti dapat secara langsung berpengaruh positif pada loyalitas merek namun pengaruh yang ditimbulkan lebih besar apabila melalui trust in brand terlebih dahulu sebagai variabel yang memediasi sebagian hubungan antara variabel brand characteristic dan company characteristic dengan variabel loyalitas merek.
Kata kunci: loyalitas merek, karakteristik merek, karakteristik perusahaan, jamu tolak angin sidomuncul
Penulis: Prasojo Pribadi, Basu Swastha Dharmmesta
Kode Jurnal: jpfarmasidd110253

Artikel Terkait :