MERENDAM KAKI DENGAN AIR HANGAT EFEKTIF MENGURANGI NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF DI BPM HENNY SULISTIOWATI KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2016


Abstrak: Nyeri persalinan dapatmempengaruhi proses persalinan itu sendiri, dimana akan mengahmbat hormon oksitosin yang merangsang adanya kontraksi. Presurvey pada bulan januari 2016 di BPM Henny Sulistiowati terdapat 38 ibu bersalin, dimana dari 28 ibu bersalin tersebut mengalami nyeri persalinan kala 1 yang sangat hebat, dimana membuat ibu bersalin tersebut merasa cemas dan khawatir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Merendam Kaki dengan Air Hangat Terhadap Pengurangan Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif di BPM Henny Sulistiowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2016.
Jenis penelitian kuantitatif, Desain penelitian ini adalah pre eksperimen dengan pendekatan One Group Pre-test – Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin . Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan Skala Visual Numeric. Analisa menggunakan uji statistic t-test dependent.
Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil skala nyeri sebelum dilakukan intervensi dengan cara merendam kaki dengan air hangat sebesar 6,59. Dan rata-rata hasil skala nyeri sesudah dilakukan intervensi dengan cara merendam kaki dengan menggunakan air hangat sebesar 4,47. Hasil uji statistik t-test dependent didapatkan Ada Pengaruh Merendam Kaki dengan Air Hangat Terhadap Pengurangan Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif di BPM Henny Sulistiowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2016 dengan hasil ( P-Value 0,000 < 0,05). Saran dalam penelitian ini agar tenaga kesehatan memberikan terapi rendam kaki dengan air hangat sebagai salah satu alternative peghilang nyeri persalinan non-farmakologi dan sebagai salah satu asuhan sayang ibu.
Kata Kunci: Merendam kaki , air hangat, nyeri kala I, persalinan
Penulis: Ratna Dewi Putri, Widiastuti Rani Yulianti
Kode Jurnal: jpkebidanandd170461

Artikel Terkait :