Kualitas Mikrobiologis Dan Higiene Pedagang Lawar Di Kawasan Pariwisata Kabupaten Gianyar


Abstrak: Kualitas mikrobiologi makanan masih menjadi masalah pada keamanan pangan. Di Bali banyak terdapat pedagang makanan khas tradisional, salah satunya adalah lawar. Lawar tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, tetapi juga oleh wisatawan mancanegara. Pemeriksaan mikrobiologi terhadap lawar perlu dilakukan agar sesuai dengan standar kualitas makanan yang dapat mencegah terjadinya kasus traveler’s diarrhea. Dalam mempersiapkan makanan khas tradisional sebagai food tourism maka diperlukan kajian mengenai kualitas pangan. Hal ini untuk memenuhi keamanan pangan sehingga mampu bersaing di pasar global.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas mikrobiologis dan higiene pedagang lawar di kawasan pariwisata Kabupaten Gianyar, Bali serta proses pengolahan yang baik.
Metode:  Penelitian ini merupakan studi analitik cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif menggunakan alat ukur pedoman observasi, wawancara dan pemeriksaan laboratorium. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 penjamah makanan dan 44 sampel lawar. Wawancaara mendalam dilakukan pada 6 orang pedagang lawar untuk mengetahui proses pengelolaan lawar yang baik. Pemeriksaan E.Coli pada sampel lawar dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Fak. Kedokteran dengan Total Plate Count (TPC) dan Most Probable Number (MPN) yaitu perkiraan jumlah kuman yang mendekati per 100 ml air.
Hasil: Proporsi sampel lawar dengan E. coli positif dijumpai sebesar 72,7%. Dari hasil observasi dijumpai bahwa higiene penjamah makanan dalam kategori kurang baik sebesar 72,7%, fasilitas sanitasi kurang memadai 59%, kebersihan lingkungan kurang 54,5%. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa variabel yang bermakna berhubungan dengan kontaminasi E. Coli yaitu: higiene penjamah makanan (p=0,00), fasilitas sanitasi (p=0,00) dan kebersihan lingkungan (p=0,05).
Simpulan : Proporsi lawar yang terkontaminasi E. coli masih sangat tinggi dan hal ini berhubungan dengan higiene penjamah makanan, fasilitas sanitasi dan kebersihan lingkungan.
Keywords: lawar; gianyar; mikrobiologis. (lawar; gianyar; microbiology)
Penulis: Sang Gede Purnama, Herry Purnama, I Made Subrata
Kode Jurnal: jpkesmasdd170396

Artikel Terkait :