Kejadian Unmet Need pada Perempuan Pasangan Usia Subur (Pus) di Kuningan Jawa Barat 2015


ABSTRAK: Keikutsertaan aktif KB merupakan salah satu pilar fundamental keselamatan ibu di Negara berkembang termasuk Indonesia masih menjadi masalah, salah satu penyebabnya adalah tingginya angka unmetneed. Angka unmetneed di Indonesia tahun  2012 masih 8,5% belum memenuhi target nasional pada tahun 2015 yaitu 5%. Kecamatan Ciawigebang termasuk wilayah dengan angka unmetneed tertinggi di Kabupaten Kuningan yaitu 29%.tahun 2015. Tujuan penelitian untuk menganalisi faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian unmetneed pada Pasangan Usia Subur (PUS) di Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 174 responden dengan pengumpulan data wawancara dan analisis data dengan chi square dan uji regresi logsitik ganda.
Hasil penelitian didapatkan kejadian unmetneed di Kecamatan Ciawigebang sebesar 47,1 %. Analisis bivariat didapatkan variabel pendidikanpekerjaan, paritas, riwayat penggunaan KB, keyakinan menggunakan alat kontrasepsi, pengetahuan, konseling KB dan persetujuan suami merupakan variabel yang berhubungan dengan kejadian unmetneed dimana nilai p pada variabel tersebut (< 0,05), sedangkan pada variabel umur, pendapatan, akses terhadap pelayanan kesehatan dan dukungan keluarga merupakan variabel yang tidak berhubungan dengan kejadian unmetneed dengan nilai p (>0,05). Analisis multivariat didapatkan konseling KB merupakan faktor yang paling berisiko besar terjadinya kejadian unmetneed Exp (B) 2,501 dan probabilitas seorang ibu dengan pengetahuan kurang, tidak mendapat konseling KB dengan baik dan tidak mendapatkan persetujuan menggunkan KB dari suami sebesar 25%
Pemerintah dapat meningkatkan promosi penggunaan alat kontrasepsi dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang berkaitan dengan permasalahan seperti masih rendahnya pendidikan dan pengetahuan masyarakat dan meningkatkan kualitas konseling KB oleh petugas kesehatan dan petugas lapangan KB di Desa secara komprehensif dengan memberikan semua penjelasan secara menyeluruh sesuai kebutuhan masyarakat.
Kata Kunci: Unmetneed, PUS, Kuningan
Penulis: Siti Nunung Nurjannah, Rustika Herman
Kode Jurnal: jpkebidanandd160268

Artikel Terkait :