HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS ) DINNIYAH PUTRI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2017


Abstrak: Status gizi merupakan keadaan tubuh sebagai akibat konsumsi makanan dan penggunaan gizi, sebanyak 427 siswi dari 481 siswi sudah mengalami menstruasi. Peneliti menemukan data dari 20orang remaja putri sebagai berikut: 5% remaja putri mengatakan bahwa mereka telah mengalami menarche pada usia 7 tahun, 15% siswi mengalami menarche pada usia 9 tahun, 30% siswi mengalami menarche pada usia 10 tahun, dan 35% siswi mengalami menarche pada usia 11 tahun, serta 15% mengalami menarche pada usia 12 tahun. Tujuan penelitian diketahui hubungan status gizi dengan menarche pada siswi di MTs Dinniyah Putri Lampung.
Jenis penelitian kuantitatif survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian remaja putri kelas X di Pondok Pesantren Diniyah Putri Lampung yang ada berjumlah 407orang, Dengan sampel 202 responden. Teknik sampling Purposive sampling. data diambil dengan lembar observasi. Analisa data univariat dan bivariat (Chi-Square).
Hasil penelitian diketahui distribusi fekuensi remaja putri yang mengalami usia menarche  baik 156(77,2%), usia menarche tidak baik 46(22,8%), 63(31,8%) responden status gizi tidak normal, status gizi normal 139 (68,8%). Ada hubungan antara status gizi dengan usia menarche dengan pvalue = 0,000, OR 14,545. Remaja putri MTs Diniyah putri diharapkan dapat mengurangi makanan goreng-gorengan atau berlemak tinggi untuk remaja putri yang berat badannya lebih dari normal. Mengkonsumsi susu dan menambah asupan karbohidrat seperti makan dengan porsi sedikit tapi sering bagi remaja putri yang berat badan kurang dari normal serta mencari informasi yang bermanfaat bagi kesehatan reproduksinya seperti, mengikuti seminar atau penyuluhan tentang kesehatan reproduksi.
Kata kunci: status gizi, usia menarche
Penulis: Astriana
Kode Jurnal: jpkebidanandd170476

Artikel Terkait :