HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN IBU TERHADAP PEMBERIAN MP-ASI DINI PADA BALITA USIA 6-24 BULAN


Abstrak: Pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) secara dini sangatlah berbahaya, apalagi jika disajikan tidak higienis. Bayi yang mendapat MP-ASI dini lebih berisiko terserang diare, sembelit, batuk pilek dan panas jika dibandingkan dengan bayi yang mendapat ASI eksklusif. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ibu dalam pemberian MP-ASI dini pada bayi, seperti pengetahuan ibu, sosial budaya, pendidikan ibu, sikap ibu dan pekerjaan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan dan pekerjaan ibu terhadap pemberian MP-ASI Dini pada balita usia 6-24 bulan.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini merupakan total populasi yaitu seluruh ibu yang mempunyai bayi 6-24 bulan di Posyandu Balita Bina Sejahtera I di Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta berjumlah 37 orang.  Analisis data dilakukan dengan  uji Chi Square,  dengan menggunakan program SPSS for windows versi 17,0, dengan p value = 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara pendidikan ibu dengan pemberian MP-ASI dini dengan p-value 0,007. Tidak terdapat hubungan antara status pekerjaan ibu  dengan pemberian MP-ASI dini dengan p-value 0,053.
Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara pendidikan ibu dengan pemberian MP-ASI dini pada balita usia 6-24 bulan.
Kata Kunci: Pendidikan, Pekerjaan, MP-ASI
Penulis: Dewi marfuah
Kode Jurnal: jpkesmasdd170203

Artikel Terkait :