HUBUNGAN PEMANFAATAN BUKU KIA DENGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TANDA BAHAYA KEHAMILAN


Abstrak: Buku KIA merupakan buku pedoman yang dimiliki oleh ibu dan anak, yang berisi informasi dan catatan kesehatan ibu dan anak.Pengadaan buku KIA merupakan  salah  satu  kebijakan  dan  upaya  pemerintah  untuk  menurunkan  angka kematian ibu dan bayi. Dengan pemanfaatan buku KIA yang didalamnya berisi informasi tentang  tanda  bahaya  kehamilan,  ibu  hamil  dapat  mengenali  tanda-tanda  bahaya kehamilan lebih dini.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pemanfaatan buku KIA dengan pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan.
Metode  Penelitian  : Penelitian  ini  menggunakan  metode  kuantitatif  dengan  desain
penelitian analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di BPM Fin S. Sujarti Surakarta dan sampel sebanyak 60 responden dengan teknik Accidental Sampling, teknik analisa data menggunakan uji statistik Sperman Rank dan dilanjut dengan uji t.
Hasil : Pemanfaatkan buku KIA sebagian besar baik (81,7%), sedangkan pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan sebagian besar juga baik (66,7%). Hasil uji
statistik Sperman Rank dengan N = 60,   = 5% diperoleh nilai koefisiennya 0,502. Berdasarkan tabel interpretasi terhadap koefisien korelasi, korelasi yang terjadi antara dua variabel termasuk dalam kategori sedang dan karena N > 30 maka dilanjut dengan uji t. Uji t menunjukkan t hitung (4,441) > t tabel (2,00172) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan : Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan buku KIA dengan pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya kehamilan di BPM Fin S.Sujarti Surakarta.
Kata Kunci: Buku KIA, pengetahuan, tanda bahaya kehamilan
Penulis: Wijayanti
Kode Jurnal: jpkesmasdd170175

Artikel Terkait :