HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN KELAS IBU BALITA DENGAN PEMBERIAN GIZI SEIMBANG PADA BALITA UMUR 2-5 TAHUN (KELAS C) DI DESA TANGKISAN POS JOGONALAN


Abstract: Perbaikan gizi menjadi isu penting dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Upaya perbaikan gizi di Indonesia membutuhkan percepatan dari seluruh sektor. Stunting pada Balita dan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) meningkat dari tahun 2010-2013 dari 35,6% menjadi 37,2%. Saat ini bangsa Indonesia menghadapi masalah gizi ganda yaitu masalah pada gizi buruk dan stunting. Hasil Riskesdas tahun 2013 menunjukkan prevalensi gizi buruk dan pendek di Indonesia  masih cukup tinggi, yaitu 19,6% dan 37,2%. Di sisi lain prevalensi gizi lebih pada Balita sudah mencapai 11,9%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan keikutsertaan kelas ibu balita dengan pemberian gizi seimbang pada balita umur 2-5 tahun (kelas c) di Desa Tangkisan Pos Jogonalan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan retrospektif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita umur 2-5 tahun yaitu sebanyak 104 ibu balita di Desa Tangkisan Pos Jogonalan. Sampel penelitian berjumlah 45 ibu balita. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrument dengan lembar kuesioner. Analisa data dengan uji Chi-square. Hasil perhitungan diketahui keikutsertaan kelas ibu balita sebagian besar kategori lengkap dengan pemberian gizi seimbang pada balita umur 2-5 tahun (kelas C) di Desa Tangkisan Pos Jogonalan pada kategori seimbang, yaitu sebanyak 66,7 responden (66,7%).Berdasarkan uji chi-square di dapat hasil nilai p=0,000 (p<0,05).
Kesimpulan  penelitian ini adalah ada hubungan Hubungan Keikutsertaan Kelas Ibu Balita Dengan Pemberian Gizi Seimbang Pada Balita Umur 2-5 Tahun (Kelas C) Di Desa Tangkisan Pos Jogonalan. Saran meningkatkan keikutsertaan kelas ibu balita dan mengadakan kelas ibu balita secara ruin dan terjadwal.
Kata Kunci: Kelas Ibu Balita, Pemberian Gizi Seimbang
Penulis: Piscolia Dynamurti Wintoro, Endang Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkebidanandd180081

Artikel Terkait :