HUBUNGAN KEBIASAAN MANDI AIR HANGAT DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA USIA LANJUT DI DESA CANDEN KRAJAN KALIKOTES KLATEN


Abstract: Tidur merupakan kebutuhan manusia yang teratur. Akan tetapi, sekitar 43,92% usia lanjut mengalami perubahan pola tidur, sering terbangun pada malam hari sehingga mengganggu kualitas tidur. Sulit tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk menjadi salah satu penyebab penyakit syaraf atau penyakit jiwa. Oleh sebab itu penting sekali untuk mendapatkan istirahat yang baik di malam hari.
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan mandi air hangat sebelum tidur dengan kualitas tidur pada usia lanjut di Dukuh Canden Desa Krajan Kalikotes Klaten. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pendekatan Two Group Pretest and postest, sampel diambil dengan menggunakan metode total sampling. Jumlah populasi dalam penelitian adalah usia lanjut yang mengalami gangguan pola tidur di desa Krajan Kalikotes Klaten  sebanyak 64 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mandi air hangat pada usia lanjut ada hungungannya dengan pola tidur. Dari hasil uji statistik dengan uji Chi Square diperoleh nilai Significan. yaitu p = 0,002 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan kebiasaan mandi air hangat dengan pola tidur di Dukuh Canden Desa Krajan Kalikotes Klaten. Diperoleh nilai X2 hitung = 9,225 sedangkan nilai X2 tabel = 3,481 pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 1
Kata kunci: Kebiasaan Mandi Air Hangat, Usia lanjut dan Pola Tidur Malam
Penulis: Ambar Winarti
Kode Jurnal: jpkebidanandd170285

Artikel Terkait :