HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, PENDIDIKAN, PEKERJAAN IBU YANG MEMPUNYAI BAYI UMUR 6-12 BULAN DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA PURWODADI KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS


Abstrak: Menyusui adalah suatu proses alamiah.Berjuta-juta ibu diseluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang ASI .Bahkan ibu yang buta huruf pun dapat menyusuianaknya dengan baik. Walaupun demikian, dalam lingkungan kebudayaan kita saat ini melakukan halyang alamiah tidaklah selalu mudah(6). Berdasarkan prasurvey peneliti pada bulan april 2016 di desa purwodadi kecamatan gisting pada bulan april terdapat 80 orang ibu menyusui, 22 orang ibu yang diwawancarai, 13 orang (59,09%) mengatakan tidak memberikan ASI eksklusif kapada bayinya dan 5orang dari 13 orang tersebut mengatakan tidak sempat memberikan ASI secara eksklusif dikarenakanbekerja.Tujuan Penelitian Diketahui hubungan antara Pengetahuan, Pendidikan, Pekerjaan Ibu Yang Mempunyai Bayi Umur 6-12 Bulan Dengan Pemberian ASI Eksklusif di Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Tahun 2016.
Jenis penelitian adalah survey analitik yaitu survey atau penelitian yang mencoba menggalibagaimana dan mengapa fenomena kesehatan itu terjadi, kemudian melakukan analisi dinamikakorelasi antara fenomena, baik antar faktor resiko denfan faktor efek, antar faktor resiko, maupunantar faktor efek dengan jenis rancangan pendekatan waktu cross sectional yaitu desain penelitianyang bertujuan untuk mencari hubungan antara faktor resiko dengan efek pengamatan atau observasi  antar variable dilakukan secara bersamaan. populasi penelitian ini adalah seluruh ibu menyusui yang memiliki bayi umur 6-12 bulan di Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus pada bulan Juni Tahun 2016 yaitu sebanyak 42 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang dengan menggunakan teknik sampling total populasi. Analisa data univariat dan bivariat dilakukan menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan pemberian ASI Eksklusif dengan p value = 0,000. Ada hubungan yang bermakana antara pendidikan denganpemberian ASI Eksklusif dengan p value = 0,000, Ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan ibudengan pemberian ASI Eksklusif dengan p value = 0,31, Saran diharapkan dapat menjadi bahaninformasi bagi ibu-ibu menyusui untuk melakukan dan mempertahankan pemberian ASI Eksklusif sehingga akan tumbuh generasi yang sehat dan cerdas sebagai modal dalam pembangunan nasional di masa yang akan datang.
Kata Kunci: Pengetahuan, Pendidikan, Pekerjaan, Bayi usia 6- 12 bulan, Asi Ekskslusif
Penulis: Ledy Oktaviani
Kode Jurnal: jpkebidanandd170465

Artikel Terkait :