Gambaran Pengetahuan Ibu Balita dalam Penanganan Awal Balita Diare di Desa Bone Kec. Bajeng Kab. Gowa Tahun 2017


ABSTRAK: Diare merupkan salah satu  penyakit yang paling sering menyerang anak-anak di seluruh dunia. Penyakit ini sangat cepat mematikan anak-anak karena dapat menyebabkan dehidrasi dan malnutrisi. Diare sebenarnya dapat ditangani di rumah bila ibu balita tahu tentang penangangan awal diare. Pengetahuan penangan awal balita diare sangat penting untuk ibu tahu karena akan menentukan tindakan yang selanjutnya yang akan ibu ambil. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu balita dalam penanganan awal balita diare di Desa Bone Kec. Bajeng Kab. Gowa Tahun 2017.
Desain penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampelnya ada 58 ibu yang mempunyai balita (0-59 bulan) yang tinggal di Desa Bone yang diambil secara consecutive sampling.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa gambaran pengetahuan ibu balita tentang pengangan awal balita diare di Desa Bone Kecamatan  Bajeng Kabupaten  Gowa adalah cukup dimana ada sekitar 30 orang (51,7%). Disaranan perlunya upaya menurunkan morbiditas dan mortalitas akibat diare melalui penyuluhan yang berkesinambungan baik secara individu maupun kelompok serta penanganan awal balita diare.
Kata Kunci: Pengetahuan, Ibu, Diare
Penulis: Humrah, Iis Safiyanthy, Amelia Wong, Sitti Mukarramah
Kode Jurnal: jpkebidanandd180001

Artikel Terkait :