GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT III DALAM MENGHADAPI UJIAN KOMPETENSI BIDAN NASIONAL DI AKADEMI KEBIDANAN KARTIKAJURNAL ATERM MITRA HUSADA


ABSTRAK: Sesuai dengan Undang-Undang RI No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, mahasiswaDiploma III (D3) kebidanan wajib mengikuti perkuliahan selama 6-8 semester dengan bebansistem kredit semester (SKS) minimal 108 SKS dan maksimal 120 SKS dengan perbandinganteori 40% dan praktik 60%. Untuk memenuhi standar bidan nasional, maka seorang mahasiswayang telah lulus program studi kebidanan wajib mengikuti Uji Kompetensi Nasional (Ukom). Maka diperlukan motivasi yang baik dalam menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa tingkatIII dalam mengahadapi Uji Kompetensi Bidan Nasional di Akademi Kebidanan Kartika MitraHusada Jakarta Timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat III Akademi Kebidanan KartikaMitra Husada yang berjumlah 57 tetapi yg terlibat hanya 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 50 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari 50 responden yang memiliki motivasi tinggidalam menghadapi Uji Kompetensi Bidan Nasional sebanyak 38 responden (76%). Mahasiswayang memiliki motivasi tinggi dalam menghadapi Uji Kompetensi Bidan Nasional memiliki Indeks Prestasi Komulatif semester V, mahasiswa yang memiliki IPK 3.00-3.50 yaitu 34responden (74%), kesiapan mahasiswa yaitu 36 responden (80%) dan yang mendapat sumber informasi dari institusi sebanyak 36 responden (80%).
Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa semester V Akademi KebidananKartika Mitra Husada memiliki motivasi yang tinggi dalam menghadapi Uji Kompetensi BidanNasional. Untuk itu penelitian yang sudah di lakukan dan dapat di ambil sebagai motivasi dalam menghadapi Uji Kompetensi Bidan Nasional dapat di jadikan acuan dalam menghadapi UjiKompetensi Bidan Nasional dan laporan sesuai dengan waktu yang di tetapkan, dan dapat menjadi pelengkap kepustakaan.
Kata Kunci: Motivasi, Indeks Prestasi Komulatif, Kesiapan Mahasiswa, Sumber Informasi
Penulis: Marliana, SST., MH.Kes
Kode Jurnal: jpkebidanandd160257

Artikel Terkait :