EVALUASI EFISIENSI DISTRIBUSI OBAT RAWAT INAP DI INSTALASI FARMASI RSUD TARAKAN JAKARTA PUSAT


ABSTRAK: Pengelolaan obat di Rumah Sakit terdiri dari tahap selection, procurement, distribution, dan use. Dari hasil observasi pendahuluan yang dilakukan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan ditemukan beberapa masalah ketidakefsienan pada tahap distribution diantaranya yaitu sistem inventory obat yang kurang baik misalnya kontrol terhadap obat rusak dan atau kadaluarsa, kecocokan antara obat dengan kartu stok dan lain-lain. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi sejauh mana tingkat efsiensi pengelolaan distribusi obat rawat inap.
Penelitian menggunakan rancangan deskripsi bersifat retrospective danconcurrent, dengan melakukan evaluasi terhadap dokumen yang berhubungan dengan proses distribusi obat rawat inap. Penelitian menggunakan sampel obat yang termasuk kriteria obat kelas A. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif dari pengamatan dokumen serta wawancara dengan petugas terkait. Penyajian data dalam bentuk tabel dan uraian tekstual, evaluasi secara deskriptif menggunakan program SPSS. Pengukuran tingkat efsiensi distribusi obat dilakukan dengan menggunakan indikator efsiensi Depkes dan WHO, kemudian dibandingkan dengan standar atau hasil penelitian untuk mengetahui adanya ketidakefsienan.
Hasil penelitian menunjukkan, menurut beberapa indikator, distribusi obat rawat inap sebagian belum dan sudah efsien. Ketidakefsienan indikator pengelolaan obat pada tahap distribusi terjadi pada kecocokan antara jumlah fsik dengan kartu stok yaitu 93,27%. Obat kadaluwarsa dan / atau rusak tahun 2008 adalah 0,23% tahun 2009 adalah 0,48%. Resep tidak terlayani tahun 2008 adalah 1,52%, tahun 2009 adalah 2,28%. TOR tahun 2008 adalah 6 kali dan tahun 2009 adalah 6,9 kali. Distribusi obat sudah efsien pada lama waktu pelayanan resep dan tingkat ketersediaan obat.
Kata kunci: distribusi obat, rawat inap, efsiensi, Instalasi Farmasi RSUD Tarakan
Penulis: Ika Purwidyaningrum, Lukman Hakim, Sri Wahyuni Pujitami
Kode Jurnal: jpfarmasidd120341

Artikel Terkait :