EVALUASI DOSIS DIGOKSIN PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DENGAN DISFUNGSI GINJAL DI RSUP DR. SARDJITO, YOGYAKARTA


ABSTRAK: Digoksin merupakan salah satu obat dengan kisaran terapi sempit yang paling banyak digunakan terutama pada penyakit yang berhubungan dengan jantung. Penyesuaian dosis digoksin pada pasien yang mengalami penurunan fungsi ginjal mutlak dilakukan agar kadar obat di dalam darah tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dosis digoksin pada pasien gagal jantung dengan disfungsi ginjal.
Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif sekaligus prospektif pada pasien gagal jantung dengan disfungsi ginjal di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta periode Januari 2010 – Maret 2011. Pengumpulan data dilakukan menggunakan rekam medik pasien rawat inap. Analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil analisis dari 43 kasus yang diperoleh, pasien laki-laki mempunyai persentase yang lebih besar disbanding pasien perempuan (56 % : 44 %). Persentase pasien berdasarkan kelompok usia terbanyak pada pasien 50 – 59 tahun sebanyak 34,88 %. Pada perhitungan dosis secara farmakokinetik ditemukan bahwa dosis digoksin yang digunakan oleh pasien ada yang melebihi kadar maksimum digoksin di dalam darah. Dari 19 pasien wanita, 11 pasien menggunakan dosis yang melebihi kadar maksimum digoksin sedangkan dari 24 pasien pria, 14 pasien menggunakan dosis yang melebihi kadar maksimum digoksin. Metode perhitungan dosis ini menggunakan data literatur khususnya untuk nilai parameter farmakokinetika seperti volume distribusi, waktu paro eliminasi, dan kliren digoksin. Oleh sebab itu, besar dosis yang tepat seperti yang dianjurkan dalam tesis ini dapat dianggap sebagai nilai teoritis. Selanjutnya ditemukan juga pasien tidak mendapatkan dosis muatan digoksin yang sesuai. Namun oleh karena penggunaan dosis digoksin bersifat individual maka dari keseluruhan ditemukan bahwa outcome clinic pasien umumnya membaik.
Kata Kunci: digoksin, gagal jantung, disfungsi ginjal, outcome clinic
Penulis: Jhonson P. Sihombing, Lukman Hakim, AM. Wara Kusharwanti
Kode Jurnal: jpfarmasidd110258

Artikel Terkait :