Efektivitas Penurunan Konsentrasi Karbon Monoksida (CO) dengan Sistem Kontak Media Karbon Aktif Menggunakan Variasi Ukuran Partikel Pada Proses Pembakaran Sampah Polistirena Foam


Abstract: PT Beton Elemenindo Perkasa merupakan industri yang bergerak di bidang konstruksi. Salah satu sampah yang dihasilkan PT Beton Elemenindo Perkasa adalah  sampah  polistirena foam yang pengolahannya masih dilakukan dengan pembakaran terbuka sehingga berdampak pada kesehatan dan penurunan kualitas lingkungan. Pembakaran sampah polistera foam menghasilkan gas berbahaya seperti styrene, hydrochloroflourocarbon (HCFC), polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs), carbon black serta karbon monoksida. Salah satu teknologi pengolahan sampah polisterana foam adalah dengan membuat tungku pembakaran yang dilengkapi media filter karbon. Karbon aktif merupakan salah satu media filter udara yang dapat menyerap gas berbahaya dari proses pembakaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penurunan konsentrasi karbon monoksida (CO) dengan sistem kontak media karbon aktif menggunakan variasi ukuran partikel.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain post test with control. Jumlah sampel dihitung berdasarkan banyaknya perlakuan dan jumlah pengulangan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan 2 macam perlakuan 20 mesh dan 30 mesh didapatkan 9 kali pengulangan.
Hasil: Analisis statistik Independent T-Test menunjukkan ada perbedaan yang bermakna (p-value=0,001) pada variasi ukuran partikel karbon aktif terhadap paramater karbon monoksida (CO).
Simpulan: Rata-rata persentase penurunan paling efektif pada ukuran partikel karbon aktif 30 mesh sebesar 77,95%.
Keywords: polistirena foam; ukuran partikel; karbon aktif; karbon monoksida (CO)
Penulis: Elanda Fikri, Aprilia Veronica
Kode Jurnal: jpkesmasdd180109

Artikel Terkait :