Efek Ekstrak Etanol Daun Pandan Wangi (Pandanusamaryllifolius Roxb.) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar Dengan Pembebanan Glukosa


Abstrak: Pengggunaan obat tradisional sebagai alternatif pengobatan dalam menurunkan kadar gula darah diantaranya adalah daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) yang mengandung flavonoid. Flavonoid diduga dapat menurunkan kadar gula darah. Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui ekstrak etanol daun pandan wangi dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus putih jantan galur wistar.
Jenis penelitian ini termasuk eksperimental murni dengan rancangan pre and post control design. Sampel terdiri dari 25 ekor tikus yang dibagi menjadi 5 kelompok yaitu, kelompok control negatif yang diberi aquades, 1 kelompok positif yang diberi linagliptin 0,63 mg/kg BB dan 3 kelompok perlakuan yang diberikan ekstrak etanol daun pandan wangi dengan kadar 4%, 8%, 12%.Data yang didapat berupa selisih kadar gula darah awal (pre-test) dengan kadar gula darah setelah perlakuan (post-test), kemudian dianalisis menggunakan ANAVA satu jalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun pandan wangi kadar 4%, 8%, 12% dapat menurunkan kadar gula darah dibandingkan kontrol negatif. Kadar ekstrak etanol daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) yang sebanding dengan linagliptin 0,63 mg/kg BB dalam menurunkan kadar gula darah adalah kadar 8% dan 12%.
Kata Kunci: Kadar gula darah, Pandanus amaryllifolius roxb.,flavonoid
Penulis: Richa Yuswantina, Sikni Retno K., Adi Nofiana Indarwati
Kode Jurnal: jpfarmasidd130362

Artikel Terkait :