ANALISIS PENGARUH KESADARAN AKAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN RSUD SUPIORI - PAPUA


ABSTRAK: Seluruh sistem pelayanan yang baik adalah dengan berorientasi kepada kepuasan pasien, disamping aspek fasilitas rumah sakit, peranan dokter, paramedis dan non medis menjadi sangat penting karena kinerja mereka akan menentukan persepsi dan kinerja yang dirasakan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Untuk melakukan pelayanan yang baik diperlukan adanya motivasi yang didukung oleh kesadaran tentang pentingnya pelayanan prima. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat pengetahuan karyawan tentang layanan prima, melihat hubungan tingkat pengetahuan karyawan akan layanan prima dengan tingkat kesadaran akan layanan prima, dan untuk melihat bagaimana pengaruh kesadaran akan layanan prima terhadap motivasi kerja karyawan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Supiori.
Subyek penelitian ini sebanyak 37 orang yang merupakan karyawan tetap RSUD Supiori, kemudian dianalisis menggunakan analisis visual binning program SPSS 17 for windows untuk melihat tingkat pengetahuan karyawan tentang layanan prima, metode analisis korelasi untuk melihat hubungan tingkat pengetahuan karyawan akan layanan prima dengan tingkat kesadaran akan layanan prima, dan metode analisis regresi untuk melihat bagaimana pengaruh kesadaran akan layanan prima terhadap motivasi kerja karyawan RSUD Supiori menggunakan program SPSS 17 for windows.
Hasil menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan responden yang dikategorikan baik sebanyak 59,5% dan sebanyak 40,5% dikategorikan tidak baik. Pengetahuan tentang pelayanan prima dengan tingkat kesadaran akan pelayanan prima berkorelasi positif dengan r hitung sebesar 0,692. Pengaruh kesadaran akan pelayanan prima terhadap motivasi kerja pada karyawan di RSUD Supiori sebesar 12,7% dengan persamaan regresi Y = 12,943 + 0,324 X.
Kata Kunci: Pelayanan prima, motivasi kerja
Penulis: Feranianty Harpina
Kode Jurnal: jpfarmasidd120351

Artikel Terkait :