ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FARMASI DI RUMAH SAKIT MATA DR. YAP YOGYAKARTA DENGAN HOT-FIT MODEL


ABSTRAK: Analisis terhadap penerapan Sistem Informasi Manajemen Farmasi (SIMF) harus dilakukan karena akan menilai atau mengukur manfaat yang didapatkan, dan untuk menemukan masalah-masalah potensial yang sedang dihadapi oleh pengguna dan organisasi, khususnya dalam bidang manajemen perbekalan farmasi di instalasi farmasi rumah sakit, sebagai acuan untuk mengembangkan potensi yang masih ada, sehingga dapat mendukung tujuan, visi, dan misi organisasi. Model analisis HOT- Fit menempatkan komponen penting dalam sistem informasi yakni manusia (Human), organisasi (Organization), dan teknologi (Technology), serta kesesuaian hubungan diantaranya dalam menghasilkan manfaat (Net Beneft) dari penerapan SIMF. Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Mata Dr. Yap Yogyakarta.
Penelitian bersifat kuantitatif-kualitatif non eksperimental dengan rancangan penelitian studi kasus. Data kuesioner dianalisis secara deskriptif, kemudian dianalisis dengan uji korelasi Pearson, uji regresi linier berganda, dan analisis jalur. Data kualitatif berupa hasil wawancara ditranskripsikan ke dalam bentuk catatan tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi belum sepenuhnya memenuhi harapan pengguna, dan masih terdapat ketidaksesuaian antara pengguna-organisasi-teknologi. Hubungan antara HumanTechnology dan Organization-Technology memiliki korelasi yang kuat. Variabel Human dan Technology bersama-sama mempengaruhi Net Beneft sebesar 88,7%. Variabel Human dan Organization bersama-sama memepengaruhi Net Beneft sebesar 87,8%. Variabel Organization-Technology bersama-sama mempengaruhi Net Beneft sebesar 75,3%. Variabel yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan SIMF yaitu Human dan Technology, sehingga dengan peningkatan kualitas teknologi dan keterampilan pengguna, akan meningkatkan keberhasilan dari penerapan SIMF di RS Mata Dr. Yap Yogyakarta.
Kata Kunci: Analisis sistem informasi, HOT-Fit, RS Mata Dr. Yap Yogyakarta
Penulis: Arum Pratiwi
Kode Jurnal: jpfarmasidd120347

Artikel Terkait :