ANALISIS KADAR TIMBAL (Pb) DALAM RAMBUT DAN HIPERTENSI PADA PEKERJA PT. BUKIT ASAM UNIT DERMAGA KERTAPATI


ABSTRAK: PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati melakukan proses pembongkaran batubara dari kereta ke kapal tongkang. Kemudian dari kapal tongkang batubara yang didistribusikan untuk digunakansebagai pembangkit Listrik. Timbal dalam Batubara yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkanterjadinya hipertensi karena langsung mempengaruhi sistem peredaran darah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya kandungan Timbal di batubara yang terakumulasi pada rambut pekerja PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati yang dihubungkan dengan penyakit hipertensi.
Metode: Penelitian ini dilakukan di PT. Bukit Asam Unit Dermaga Kertapati menggunakan desain crosssectional dengan jumlah sampel sebesar 38 orang dengan analisis multivariat, dimana pengumpulan data sampel rambut dianalisis menggunakan metode Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS) dan kuesioner yang dibagikan kepada responden.
Hasil Penelitian: Hasil analisis statistik menunjukkan setiap kenaikan 1 tahun usia risiko meningkat 1,15 kali untuk menderita hipertensi, IMT kategori over weight berisiko 5,87 kali untuk menderita hipertensi dibandingkan IMT normal. Kebiasaan minum kopi berisiko 1,4 kali untuk menderita hipertensi, setiap kenaikan 1 tahun masa kerja risiko meningkat 1 kali untuk menderita hipertensi.
Kesimpulan: Kadar timbal di rambut dengan hipertensi, setiap kenaikan 1 satuan kadar timbal risiko hipertensi menurun sebesar 0,975 dengan faktor perancu yaitu usia. Sehingga perlunya penggunaan masker pada pekerja sekitar area produksi batubara untuk mengurangi paparan timbal.
Kata Kunci: Hipertensi, timbal, rambut
Penulis: Dini Arista Putri, Amrina Rosyada, Elvi Sunarsih
Kode Jurnal: jpkesmasdd180075

Artikel Terkait :