ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KEIKUTSERTAAN PRIA DALAM KELUARGA BERENCANA DI DESA LENGKONG KECAMATAN MOJOANYAR KABUPATEN MOJOKERTO


Abstrak: Keikutsertaan adalah proses yang aktif dimana seseorang mempunyai inisiatif dan menggunakan kebebasannya untuk melakukan suatu hal. Partisipasi pria dalam keluarga berencanasangat rendah dimana dalam masyarakat selalu beranggapan bahwa keluarga berencana (KB) hanya diikuti oleh wanita dan pria hanya sebagai pengambil keputusan. Kemauan untuk berpartisipasi merupakan kunci utama bagi tumbuh dan berkembangnya partisipasi masyarakat khususnya pria dalam keluarga berencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi rendahnya keikutsertaan pria dalam keluarga berencana di Desa Lengkong Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi seluruh pria  yang tidak menggunakan alat kontrasepsi pria di Desa Lengkong Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto sebanyak 431 orang dan sampel yang diambil 30 responden dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik quota sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil pengisiankuesioner oleh responden kemudian dilakukan editing,coding,scoring dan tabulating. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk diagram distribusi frekuensi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 responden pengetahuan pria tentang alat kontrasepsi pria sebanyak (73%) adalah baik, Pendidikan pria yang menjadi responden sebanyak (53%) adalah berpendidikan sedang ( SMA ) dan Pria yang mempunyai persepsi negative terhadap alat kontrasepsi pria sebanyak (77%).
Disimpulkan bahwa sebagian besar responden mempunyai pengetahuan baik akan tetapi rendahnya keikutsertaan pria dalam keluarga berencana juga dipengaruhi oleh pendidikan yang sedang dan persepsi yang negatif. Oleh karena itu hendaknya responden meningkatkan pendidikan dan merubah persepsinya dengan mencari informasi baik dari petugas kesehatan, buku-buku atau media massa sehingga dapat menambah wawasan tentang alat kontrasepsi pria
Kata kunci: Keikutsertaan, kontrasepsipria, pengetahuan, pendidikan, persepsi
Penulis: kiftiyah, nanik nur rosyidah, herlina herlina
Kode Jurnal: jpkebidanandd180093

Artikel Terkait :