PENGARUH EDUKASI METODE CERAMAH TERHADAP PERILAKU PERAWATAN DIRI PASIEN DIABETES MELITUS


Abstract: Keberhasilan edukasi pada pasien diabetes mellitus dipengaruhi oleh  metode, pemberi, lingkungan, kesiapan, intelegensi, dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas edukasi metode ceramah terhadap pengendalian kadar gula darah penderita diabetes mellitus di Puskesmas Ngawen.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan 40 penderita yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah satuan acara penyuluhan (SAP), leaflet, slide dan instrument perawatn diri pasien DM. . Uji statistic menggunakan paired t-test dan independent t-test.
Hasil pengukuran perilaku perawatan diri pada kelompok perlakuan adalah 4 (20 %) cukup, dan 16 (80 %) kurang, pada kelompok control 5 (25 5) cukup dan 15 (75 %) kurang.  Satu bulan setelah diberikan  edukasi  didapatkan bahwa pada  kelompok perlakuan  3 (15 %) memilki perilaku yang baik, 10 (50 %) baik dan 7 (35 %) kurang. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada yang berperilaku baik, 6 (30%) cukup dan 14 (70%) kurang.,p value 0,026 (P value< α [0,05]).
Kesimpulan ada pengaruh edukasi menggunakan metode ceramah terhadap perilaku perawatan diri  pada penderita diabetes mellitus.
Kata kunci: Diabetes mellitus, edukasi,  perawatan diri
Penulis: Saifudin Zukhri, Anissa Nur Falaq
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160322

Artikel Terkait :