HUBUNGAN PERILAKU IBU TENTANG PEMBERIAN MAKANAN DENGAN ANGKA KEJADIAN BGM PADA BALITA


Abstract: Perilaku ibu yang kurang tentang pemberian makanan pada balitanya akan menyebabkan balitanya mengalami BGM karena kejadian BGM sangat erat hubunganya dengan perilaku ibu tentang pemberian makanan pada balitanya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan perilaku ibu tentang pemberian makanan dengan angka kejadian BGM pada balita.
Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasinya adalah ibu yang mempunyai balita di Puskesmas Gondang sejumlah 2.784 orang, dan sampel yang memenuhi kriteria sejumlah 70 orang. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Probability Sampling secara Purposive Sampling. Variabel independen perilaku ibu tentang pemberian makanan dan variabel dependen angka kejadian BGM. Data penelitian ini diambil menggunakan kuisioner dan observasi, kemudian data diolah secara editing, cooding, scoring, tabulating, dan dianalisis menggunakan Koefisien Contingensi dengan .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 70 responden didapatkan sebagian besar responden yaitu sebanyak 34 orang (63%) memiliki perilaku yang kurang tentang pemberian makanan dan balitanya mengalami BGM. Hasil uji statistik Koefisien Kontingensi dengan bantuan SPSS mengenai hubungan perilaku ibu tentang pemberian makanan dengan angka kejadian BGM pada balita menunjukkan hasil bahwa nilai  dengan  (), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungan perilaku ibu tentang pemberian makanan dengan angka kejadian BGM pada balita.
Peran tenaga kesehatan sangat dibutuhkan dalam pemberian penyuluhan atau konseling mengenai pentingnya perilaku ibu tentang pemberian makanan yang bergizi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki kualitas hasil penelitian sehingga dapat dijadikan masukan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan khususnya perilaku ibu tentang pemberian makanan yang dapat mempengaruhi angka kejadian BGM pada balita
Kata Kunci: Perilaku, Pemberian Makanan, Bawah Garis Merah Dan Balita
Penulis: Surya Mustika Sari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140573

Artikel Terkait :