Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Ketrampilan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Mahasiswi Tingkat I


Abstract: Kanker Payudara adalah salah satu prevalensi penyakit maligna pda wanita di dunia. Kurang perhatian dari tanda gejala kanker payudara menyebabkan keterlambatan terhadap diagnosis kanker payudara sehingga menjadi penyebab utama kematian pada wanita.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan analisis gambaran tingkat pengetahuandan ketrampilan SADARI pada mahasiswi tingkat I.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian Deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswi tingkat I semester I Akademi Keperawatan Giri Satria Husada Wonogiri sebanyak 40 mahasiswi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling sehingga seluruh sampel penelitian ini adalah sama jumlahnya dengan populasi. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan hasil tingkat pengetahuan responden sebagian besar masih rendah sebanyak 31 responden (77%) dan tingkat ketrampilan SADARI responden pun juga masih banyak yang tidak terampil melakukan SADARI sebanyak 28 responde (70%).
Hasil ini mengindikasikan untuk meningkatkan pendidikan kesehatan terutama tentang penyakit payudara dan cara skreeningnya dengan SADARI untuk meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan mahasiswi sehingga dapat meningkatkan perilaku SADARI dan pencegahan kanker payudara.
Kata kunci: Tingkat pengetahuan, Ketrampilan, SADARI
Penulis: Putri Halimu Husna
Kode Jurnal: jpkeperawatandd170028

Artikel Terkait :