EFEKTIVITAS MOBILISASI DINI TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA POST SECTIO CAESAREA


Abstract: Kebanyakan ibu pasca salin dengan seksio sesaria merasa khawatir kalau tubuh digerakkan   pada   posisi   tertentu   pasca operasi akan  mempengaruhi  luka  operasi yang masih belum sembuh yang baru saja selesai dilakukan operasi, juga dikarenakan rasa nyeri yang dirasakan ibu setelah efek anestesi hilang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas mobilisasi dini terhadap penyembuhan luka post sectio caesaria di RSUD Bangil Pasuruan.
Jenis penelitian yaitu analitik cross sectional. Variabel penelitian ada dua yaitu mobilisasi dini sebagai variabel independen dan penyembuhan luka post sectio caesarea sebagai variabel dependen. Populasi penelitian yaitu seluruh ibu post sectio caesarea yang berada di ruang nifas RSUD Bangil Pasuruan Bulan April 2013 sebanyak 85 ibu nifas. Sampel diambil dengan teknik concecutive sampling sebanyak 51 responden.
Hasil penelitian menunjukkan dari 31 responden melakukan mobilisasi dengan baik terdapat 28 responden (55%) yang penyembuhannya cepat dan 3 responden (9,7%) penyembuhannya lambat. Hasil uji t test diperoleh hasil ρ = 0,00, α = 0,05. Maka ρ < α. Berarti H0 ditolak dan H1 diterima jadi terdapat pengaruh mobilisasi dini dengan penyembuhan luka.
Mobilisasi dini dapat membantu ibu post sc mempercepat penyembuhan lukanya. Dimana semakin aktif ibu dalam melakukan mobilisasi dini maka semakin cepat terjadinya penyembuhan luka.
Terdapat hubungan mobilisasi dini dengan penyembuhan luka. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan ketrampilan yang dimiliki terutama  dalam teknik perawatan luka post sc baik melalui seminar maupun pelatihan sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi
Kata Kunci: Mobilisasi, Penyembuhan Luka, Sectio caesarea
Penulis: Kurnia Indriyanti Purnamasari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150637

Artikel Terkait :