POTENSI DISKRESI STREET LEVEL BUREAUCRAT DI PUSKESMAS DALAM IMPLEMENTASI UNIVERSAL HEALTH COVERAGE: STUDI KASUS PUSKESMAS KREMBANGAN SELATAN, SURABAYA

ABSTRAK: Puskesmas dapat dikatakan sebagai street level bureaucracy yang mempunyai peran penting pelaksanaankebijakan pelayanan kesehatan. Studi ini bertujuan untukmenganalisis peluang ancaman dari street level bureaucrat  dalam upaya implementasiUniversal Health Coverage.
Metode:Kami  menggunakan teori Michael Lipsky tentang street level bureaucrat untuk menjelaskan mengapa puskesmasmemiliki peran penting dalam pelaksanaan kebijakan kesehatan.Studi kasus ini dilakukan di Krembangan Selatan, Surabaya. Observasi dan analisis data sekunder adalah alat utama untuk mengetahui pola sehari-hari ketidakselarasan antara tujuan dan pelaksanaan yang disebut sebagai diskresi dalamimplementasi kebijakan.
Hasil:Penelitian ini menemukan bahwa ada ancaman diskresi negatif dalam melakukanimplementasi kebijakandikarenakan oleh kelebihan beban kerja dalam melakukan kewajiban pelayanan kesehatan. Hal tersebut disebabkan oleh permasalahan mengenai pengelolaan sumber daya manusia dan infrastrtuktur yang kurang memadahi.
Kesimpulan: Kurang memadainya sumber daya di puskesmas, berpotensi memicu staff medis melakukan diskresi negative dalam Implementasi Universal Health Coverage.
Kata kunci: Street level bureaucrat, Diskresi Kebijakan, Universal Health Coverage
Penulis: Arief Priyo Nugroho
Kode Jurnal: jpkedokterandd140628

Artikel Terkait :