PHBS yang Buruk Meningkatkan Kejadian Diare

Abstract: Perilaku hidup bersih dan sehat seseorang sangat berhubungan dengan peningkatkan derajat kesehatan individu, keluarga, masyarakat dan lingkungannya. Sehingga dengan berperilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari akan menghindarkan dari berbagai penyakit terutama penyakit-penyakit infeksi seperti diare. Sebanyak 2074 kasus diare terjadi di Puskesmas Karang Tengah-Demak. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara perilaku hidup bersih dan sehat dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Karang Tengah-Demak.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan desain cross sectional yang dianalisis dengan uji korelasi Chi Square. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling.
Hasil : Hasil analisis Chi Square dari 57 responden p value 0,001 dimana nilai p < ? (0,05), nilai OR 10,000.
Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Karang Tengah. PHBS yang buruk meningkatkan kejadian diare.
Kata kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Diare, Balita
Penulis: Merry Tyas Anggraini, Dian Aviyanti, Djarum Mareta Saputri
Kode Jurnal: jpkedokterandd140695

Artikel Terkait :