INTEGRASI BIDAN PRAKTEK SWASTA DALAM PROGRAM KESEHATAN IBU DAN ANAK PUSKESMAS: STUDI KASUS IMPLEMENTASI JAMPERSAL DI PELAYANAN PRIMER

ABSTRAK: Pemerintah Indonesia meluncurkan programJampersal pada awal tahun2011. Program ini harus dilaksanakan oleh Puskesmas dan sektoe swasta. Penelitian ini menilai tentang puskesmas yang melakukan inovasi dalam Pelaksanaan Jampersal yang berdasar pada kebutuhan pasien,dimana puskesmas memastikan bahwa ibu hamil mendapatkanpelayanan antenatal yang berkualitas dengan cara pelayananyang terintegrasi.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan dengan desain studi kasus. Wwancara mendalam dilaakukan kepada 16 responden, termasuk pejabat kabupaten yang mengampu program Jampersal.
Hasil:Puskesmas Moyudan melakukan integrasi pelayanan antenatal care dengan bidan swasta dalam bentuk paket pelayanan yang tidak dipungut biaya apapun. Sebagian besar peserta Jampersal merasa puas dengan pelayanan antenatal care yang terintegrasi ini, namun baru 46,5% ibu hamil di wilayah Moyudan yang sudah memanfaatkan pelayanan ini.
Kesimpulan:Meskipun tingkat pemanfaatan program ini baru 46,5% , namun dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pelayanan antenatal. Peran bidan swasta yaitu merujuk ibu hamil peserta Jampersal ke puskesmas untuk mendapatkan paket pelayanann antenatal care dan mengirimkan laporanpelayanan kesehatan ibu dan anak ke puskesmas setiap bulan.
Kata kunci: Jampersal, integrasi pelayanan kesehatan, antenatal care, puskesmas, bidan praktek mandiri
Penulis: Veronika Evita Setianingrum, Mubasysyir Hasanbasri, Mohammad Hakimi
Kode Jurnal: jpkedokterandd140644

Artikel Terkait :