FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL PENERIMA BANTUAN IURAN (PBI) MASYARAKAT DI WILAYAH PUSKESMAS SAMBUTAN SAMARINDA

ABSTRAK: Pemanfaatan pelayanan kesehatan masyarakat kurang mampu setiap tahunnya menurun namun angka kesakitan semakin bertambah padahal telah memiliki jaminan kesehatan gratis dari pemerintah di pelayanan kesehatan halini dapat dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap masyarakat dansikap petugas kesehatan.
Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan, sikap msyarakat dan sikap petugas kesehatan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan program JKN PBI Masyarakat di Wilayah Puskesmas sambutan di Kota Samarinda Tahun 2014.
Metode: Penelitian menggunakan deskriptif analitik rancangan cross sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika kolerasi antar variabel. Subjek penelitian adalah Masyarakat peserta JKN PBI di wilayah Kerja Puskesmas Sambutan dengan jumlah sampel sebanyak 261 responden. Analisis menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi Square dengan menggunakan p<0,05.
Hasil: Hasil analisis Chi square menunjukkan bahwa adanya hubungan pengetahuan (p=0,003), adanya hubungan sikap masyarakat (p=0.002) dan adanya hubungan sikap petugas kesehatan (p=0.000) dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan Program JKN PBI Pada Masyarat di Wilayah Kerja Puskesmas Sambutan Samarinda Tahun 2014.
Kesimpulan: Untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan kesehatan di puskesmas maka disarankan untuk mengadakan Pemasaran Sosial Program JKN PBI, lebih aktif dalam memberikan informasi tentang pelayanan kesehatan program JKN PBI serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan khususnya bagi sumber daya manusia melalui pelatihan – pelatihan seperti latihan komunikasi agar dapat meningkatkan mutu pelayanan diPuskesmas Sambutan
Kata kunci: pemanfaatan pelayanan kesehatan, pengetahuan, sikap
Penulis: Nur Rohmah, Fitriani, Ratno Adrianto
Kode Jurnal: jpkedokterandd150541

Artikel Terkait :