EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PEMANFAATAN DANA BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN DENGAN PENERAPAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

ABSTRAK: Millennium Development Goals (MDGs) adalah komitmen global yang harus diwujudkan oleh semua negara pada tahun 2015, untuk mempercepat tujuan tersebut maka kementerian kesehatan menyalurkan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dalam membantu pemerintahankabupaten/kota melaksanakan pelayanan kesehatan sesuaiSPM Kesehatan dengan meningkatkan kinerja Puskesmas danjaringannya serta Upaya Kesehatan BersumberdayaMasyarakat (UKBM) dalam menyelenggarakan pelayanankesehatan promotif dan preventif. Pemanfaatan dana BOK tersebut merupakan wewenang dari puskesmas, untuk itu diperlukan metode yang efektif dalam menentukan prioritas program. Seiring dengan kemajuan iptek dibidang kesehatan masyarakat dan kedokteran, telah memberikan berbagai macam alternatif yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah kesehatan yang terjadi dimasyarakat saat ini. Tujuan penelitianini adalah untuk menentukan intervensi pemanfaatan dana BOK yang paling efektif, dengan metodogi analitic menggunakan sistem pembuat keputusan memakai model AHP. Metode: Analytic Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu model pendekatan yang memberikan kesempatan bagi paraperencana dan pengelola program bidang kesehatan untuk dapat membangun gagasan-gagasan atau ide-ide dan mendefinisikan persoalan-persoalan yang ada dengan cara membuat asumsi-asumsi dan selanjutnya mendapatkan pemecahan yang diinginkannya.
Hasil: Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan model AHP, maka dapat dihasilkan suatu alternatif program pemanfaatan dana BOK di puskesmas yang sangat efektif. Dengan menggunakan model AHP maka setiap program yang akan dilaksanakan ditentukan prioritasnya dengan jelas, dibandingkan dengan menggunakan cara Hanlon, Delbeq maupun PEARLyang selama ini digunakan oleh pengelola progam kesehatan di Provinsi Sulawesi Barat dan di Indonesia.
Kesimpulan: Disarankan untuk menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam menentukan intervensi/ program pemanfaatan dana BOK yang paling efektif dan benefit, serta dapat diterima oleh semua stakeholder.
Kata kunci: Analytic Hierarchy Process, Program BOK
PENULIS: Kasman Makkasau
Kode Jurnal: jpkedokterandd120268

Artikel Terkait :