ANALISIS PEMBIAYAAN KESEHATAN PROGRAM KESEHATAN IBU DANANAK (KIA) BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) DI KABUPATEN NUNUKAN

ABSTRAK: Peran pemerintah daerah dalam era desentralisasi sangat penting terhadap bidang kesehatan terutama dalam pembiayaan. Hal ini dikarenakan kesehatan merupakan salah satu bidang yang didesentralisasikan. SPM merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga secara minimal dan salah satu pelayanan dasar adalah program KIA.
Tujuan penelitian: Memperoleh gambaran kecukupan biaya program KIA berdasarkan hasil perhitungan SPM dan efektifitas kinerja pembiayaan program KIA dalam mencapai sasaran dan tujuan program.
Metode penelitian: Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Nunukan tahun 2013 dan merupakan penelitian deskriptif dengan data kuantitatif. Analisis kecukupan dilakukan dengan menghitung biaya program KIA yang tersedia terhadap hasil perhitungan berdasarkan SPM. Analisis efektifitas capaian kinerja program KIA terhadap target indikator nasional dan AKI/AKB terhadap target RPJMN 2010-2014.
Hasil penelitian: Biaya program KIA yang tersedia Rp. 2.530.038.761 dimana jumlahnya lebih kecil dari hasil perhitungan biaya berdasarkan SPM yang berjumlah Rp. 3.707.719.364. Terdapat kekurangan biaya sebesar Rp1.177.680.603. Pembiayaan untuk kegiatan langsung sebesar 74% sementara itu untuk kegiatan tidak langsung 26%.
Persentase pembiayaan program KIA dari pemerintah pusat sekitar 75%. Kinerja pembiayaan program KIA belum efektif dalam mencapai target indikator SPM nasional dan AKI masih cukup tinggi 173 per 100.000 kelahiran hidup dan AKB yang berjumlah 14 per 1000 kelahiran hidup.
Kesimpulan: Biaya program KIA tidak cukup untuk melaksanakan kegiatan program KIA terdapat kekurangan biaya sebesar Rp. 1.177.680.603 dan adanya ketergantunganpembiayaan program KIA  terhadap pemerintah pusat sebesar 75% hal ini dikarenakan masih rendahnya komitmen pemerintah daerah terhadap program prioritas seperti program KIA. Tidak efektifnya kinerja pembiayaan program KIA terhadap sasaran dan tujuan program yang telah ditetapkan.
Kata kunci: KIA, analisis biaya, SPM
Penulis: Mustaqim Hariyadi, Julita Hendrartini, M.Arief Budiarto
Kode Jurnal: jpkedokterandd150533

Artikel Terkait :